Begini Cara Daftar Angkutan Gratis Sepeda Motor Saat Lebaran

27 April 2016

 PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya kembali bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menyediakan layanan angkutan motor gratis selama lebaran.

Kerjasama tersebut merujuk sukses menyelenggarakan angkutan motor gratis di masa angkutan Lebaran 2014 dan 2015 lalu.

Langkah itu untuk mengurangi kepadatan dan tingkat kecelakaan di jalan raya yang disebabkan oleh sepeda motor terutama pada saat penyelenggaraan Angkutan Lebaran. 

Menurut Manajer Daop 8 Surabaya Suprapto, pemberlakuan angkutan motor gratis ini adalah berdasarkan di mana pemerintah melalui Menteri Perhubungan telah menetapkan masa angkutan lebaran 2016 untuk angkutan Kereta api dimulai pada tanggal 24 Juni sampai 17 Juli 2016.

"Pada angkutan Lebaran 2016 kali ini, PT KAI Daop 8 Surabaya melayani angkutan motor gratis," kata Suprapto kepada liputan6.com, Jumat (22/4/2016).

Dia menjelaskan, angkutan motor gratis di Daop 8 Surabaya dilayani di Stasiun Surabaya Pasarturi dan Stasiun Babat. Pendaftaran angkutan motor gratis pada masa arus balik Lebaran 2016 sudah bisa dilakukan mulai hari Kamis, 21 April 2016 sampai H-8 (8 hari sebelum) keberangkatan.

Keberangkatan itu sendiri di Kantor Ekspedisi muatan Kereta api yaitu PT Lintas Nusantara Persada (PT LNP) di komplek pergudangan Stasiun Surabaya Pasarturi dan Stasiun Babat.

Masyarakat yang akan mendaftar juga harus membawa KTP, SIM dan STNK asli yang masih berlaku, beserta masing-masing 3 lembar fotokopiannya. 

"Wajib menunjukan tiket balik baik menggunakan KA, bus, maupun travel untuk tiga orang dalam satu keluarga dua orang dewasa dan 1 anak maksimal berumur 11 tahun," ucap Suprapto. 

Selanjutnya, nama pengirim harus sama dengan nama pemilik sepeda motor (antara nama di tiket dengan nama di STNK).

Kemudian penyerahan sepeda motor untuk proses pengepakan dan pengangkutan ke dalam gerbong kereta begasi dilakukan H-1 (1 hari sebelum pemberangkatan) di tempat mendaftar angkutan motor gratis.

Kereta api angkutan motor gratis dari Daop 8 Surabaya ini akan dioperasikan selama 7 hari operasi, yaitu saat arus balik mulai tanggal 10-16 Juli 2016, dengan menggunakan 1 rangkaian Kereta api barang yang membawa 7 gerbong bagasi. Sementara, daya kapasitas 1 gerbong bagasi mampu mengangkut 58 motor.

Untuk  jadwal perjalanan dan pemberhentian Kereta api angkutan motor gratis sebagai berikut: Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Babat, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Cepu, Stasiun Ngrombo, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Pekalongan, Stasiun Tegal, Stasiun Cirebon Prujakan dan Stasiun Jakarta Gudang.