Keindahan dan Keunikan Pulau Sempu

29 December 2015

Pada salah satu episode program Praktek Terang Radio Suzana akhir tahun 2015 ini, ada seorang pendengar yang mengisahkan perjuangan beratnya untuk mencapai Pulau Sempu, Malang Selatan. Seperti apa sih serunya pulau ini? Kita intip yuk!

Pulau yang berada di Malang, Jawa Timur ini bahkan disebut-sebut keindahannya mirip dengan Pulau Phi Phi Leh yang ada di Thailand. Itu, tuh pulau tempat syuting film yang dibintangi Leonardo Dicaprio, The Beach J

Pulau Sempu berada di Selatan Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Pulau ini tidak berpenghuni, dan dipenuhi pohon-pohon mangrove atau bakau. Untuk mencapai pulau ini, dari Malang kita bisa naik Isuzu Elf dengan ongkos Rp. 25.000 menuju pantai Sendang Biru dengan lama perjalanan sekitar 2, 5 jam.

Sesampainya di Sendang Biru, kita bisa menyeberang ke Pulau Sempu dengan biaya Rp. 100.000. Tapi, jangan sampai telat, karena penyeberangan terakhir dilakukan pukul 16.30 waktu setempat dan kita harus meminta izin masuk ke Pulau Sempu. Karena pulau tersebut merupakan cagar alam yang dilindungi pemerintah. Pulau Sempu memiliki sebuah telaga yang berasal dari pasang surut air laut bernama Segara Anakan.

Dengan kedalaman sekitar 5 meter, Segara Anakan terlihat seperti kolam renang raksasa. Warnanya yang bening kebiruan, membuat pengunjung pengin menceburkan diri dan berenang di sana. Setelah puas berenang, kita bisa keluar dari telaga dan duduk-duduk sambil menikmati pasir putih di bibir pantai Pulau Sempu. Kalau beruntung, kita juga bisa melihat lumba-lumba yang sedang melintasi Samudera Hindia. Seru banget, kan?

Kalau soal penginapan, ada dua tempat alternatif untuk menginap. Kita bisa kembali menyeberang ke Sendang Biru dan menyewa penginapan di rumah penduduk dengah harga Rp.100.000. Atau, memilih berkemah di Pulau Sempu. Cukup menantang bukan?

** dari berbagai sumber **