Mesin Pengasah Batu Akik? Keren Iki Rek..

28 August 2015

Demam akik masih melanda seluruh nusantara yo rek. Banyak terobosan dilakukan untuk memanfaatkan trend ini. Contohnya Sujarwo. Pemuda Karang Taruna Kelurahan Sawahan Surabaya ini membuat mesin pengasah akik yang sesuai prediksinya, laku keras koyok kacang goreng. Dia membuat mesin pengasah dan gerinda dengan tenaga pompa air.

Menjalankan usaha selama delapan bulan bersama tiga orang rekannya, Sujarwo telah mampu menjual lebih dari 300 unit dan hingga kini masih kebanjiran pesanan.

Sujarwo mengaku telah berpindah-pindah pekerjaan satu ke pekerjaan lain, di bidang kerajinan di Bali, sampai menjadi teknisi  komputer di salah satu perusahaan di Surabaya.

"Saya akhirnya punya ide, apa yang bisa dibuat dari peralatan yang ada. Waktu itu adanya pompa air bekas, saya akhirnya punya ide bikin ini," katanya.

Mesin pengasah akik buatan Sujarwo ini portable, atau bisa dibawa ke mana-mana dengan mengandalkan tenaga mesin pompa air yang dirancang sedemikian rupa.

"Awalnya sederhana, terus ada permintaan dikasih meja. Jadinya seperti ini," katanya.

Penjualan mesin pengasah batu akik miliknya makin terasa untungnya setelah dia memanfaatkan media toko online sebagai lahan pemasaran.

Meski harga mesin berkisar antara Rp650ribu - Rp4,5juta, tapi Sujarwo mengaku masih kebanjiran pesanan.

"Iya, kalau 300 unit saja lebih ya. Hampir 400-an unit yang sudah laku," katanya.

Memanfaatkan lahan terbatas di gang rumahnya, dia membuat garasi dadakan pembuatan mesin pengasah batu akik ini. "Paling rame pembeli sebelum lebaran kemarin. Lebaran sepi, sekarang rame lagi," ujar Sujarwo.

Sumber & gambar : suarasurabaya.net