Horeee, Surabaya Meraih Penghargaan Kota Layak Anak...

13 August 2015

Wes krungu ta rek, Surabaya kembali meraih penghargaan nasional sebagai Kota Layak Anak (KLA) lho. Presiden Joko Widodo telah menyerahkan penghargaan kategori nindya itu kepada Wali Kota Tri Rismaharini di Istana Presiden Bogor pada Selasa 11 Agustus 2015.

”Ini membuktikan Surabaya menjadi wadah penyaluran ekspresi dan kreativitas bagi anak-anak,” ujar Risma. Menurut dia, semua anak memiliki potensi. Mereka juga mampu bersaing dengan anak dari belahan dunia lain. Karena itu, dia meminta anak-anak tidak mudah menyerah hingga meraih keberhasilan.

Surabaya telah meraih penghargaan KLA empat kali berturut- turut. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana ( Bapemas KB) Nanis Chairani mengungkapkan, banyak terobosan yang menjadikan kota ini langganan juara. Misalnya, Rumah Sahabat Anak. Itu adalah tempat konseling bagi anak- anak Surabaya yang membutuhkan pendampingan. Lokasinya di Siola.

Selain itu, pemkot memiliki lembaga perlindungan berlapis untuk semua masalah anak. Surabaya memiliki pusat pelayanan terpadu perlindungan perempuan dan anak (PPT-P2A) di tingkat kota. Kemudian, pusat krisis berbasis masyarakat di level kecamatan hingga satgas perlindungan anak di kelurahan. Karena itu, Surabaya dinilai menjadi kota ramah anak. ”Setiap masalah diselesaikan secara berjenjang. Dengan begitu, anak-anak akan tumbuh menjadi manusia berkualitas,” ucap Nanis.

Dia menambahkan, tahun lalu pemkot menganggarkan Rp 2,7 triliun untuk program berbasis anak. Program tersebut tersebar di banyak satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

 

Sumber                : Jawa Pos

Gambar                : Google Image