Inilah 5 Hal yang Paling Ditakuti Manusia Menurut Psikolog

13 December 2016

Ketakutan adalah suatu tanggapan emosi terhadap ancaman. Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya. Beberapa ahli psikologi juga telah menyebutkan bahwa takut adalah salah satu dari emosi dasar, selain kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan.

Rasa takut ini sebenarnya memiliki manfaat yakni untuk melindungi diri kita dari hal-hal yang bisa membahayakan kita. Setiap orang memiliki bentuk rasa takut yang berbeda-beda. Namun pakar psikologi mengungkapkan bahwa mayoritas manusia normal memiliki rasa takut terhadap 5 hal di bawah ini :

5
Takut Kegagalan

Hal ini yang membuat kita belajar
Inilah 5 Hal yang Paling Ditakuti Manusia Menurut Psikolog


 
 
 


Suskses, salah satu yang selalu dinginkan manusia. Namun, tidak semua yang kita lakukan berjalan seperti yang diharapkan. Banyak orang takut menghadapi kegagalan. Ketakutan ini timbul biasanya karena tidak begitu merasa yakin pada dirinya sendiri dan menganggap kegagalan sebagai satu ancaman. Atychiphobia, ketakutan yang berlebihan terhadap kegagalan, membuat seseorang tidak mau memulai sesuatu.

4
Takut Kemiskinan
Hal ini yang membuat kita bekerja
Inilah 5 Hal yang Paling Ditakuti Manusia Menurut Psikolog
Semua orang menginginkan kehidupan yang layak dan berkecukupan. Memiliki harta kekayaan menjadi salah satu tujuan hidup banyak orang. Hal ini kerap membuat orang sangat takut jatuh miskin atau kehilangan harta benda. Peniaphobia, ketakutan berlebihan akan menjadi miskin, kadang menjadikan orang menghalkan segala cara dengan tujuan utama mendapatkan uang, atau bahkan menjadi serakah.

3
Takut Penolakan
Hal ini yang membuat kita menyesuaikan diri
Inilah 5 Hal yang Paling Ditakuti Manusia Menurut Psikolog
Keinginan agar kehadirannya diterima oleh orang lain merupakan perasaan dasar yang dimiliki manusia sebagai mahluk sosial. Banyak orang bahkan sangat bergantung pada pengakuan atau penilaian orang lain, sehingga malah menimbulkan rasa takut yang kemudian membuat orang menarik diri karena takut ditolak. Mereka akhirnya menjauhkan diri dari orang-orang, lingkungan dan bahkan keluarga.

2
Takut Kehilangan
Hal ini yang membuat kita waspada dari copet atau maling
Inilah 5 Hal yang Paling Ditakuti Manusia Menurut Psikolog
Kebersamaan adalah saat-saat yang paling membahagiakan dalam hidup. Namun dalam tiap kebersamaan ada juga kehilangan, sesuatu yang ditakuti manusia. Kehilangan, seperti perpisahan, perceraian ataupun kematian, akan membuat seseorang menjadi begitu terpukul dan merasa sedih, dan kerap meningkat menjadikan orang mengidap stress dan depresi.

1
Takut Kematian
Hal ini yang membuat kita masih hidup sampai detik ini
Inilah 5 Hal yang Paling Ditakuti Manusia Menurut Psikolog
Semua orang tahu dan tidak bisa menolaknya, kehidupan akan berakhir dengan kematian. Namun begitu, hal yang pasti ini merupakan rasa takut paling utama yang dimiliki manusia. Sebagian besar merasa takut atau mencemaskan, apa yang akan terjadi setelah kematian. Dan tidak sedikit yang mengidap Thanatofobia, ketakutan berlebihan akan datangnya ajal.