Hebatnya Sentuhan Ibu, Bikin Anak Senang Berteman

02 September 2016

Sentuhan ibu kepada buah hati luar bisa hebatnya. Manfaat sentuhan lembut dan pelukan hangat kepada anak rupanya memiliki pengaruh kuat untuk anak tumbuh menjadi sosok yang senang bersosialisasi.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Cerebral Cortex, frekuensi orangtua menyentuh anak terkait dengan pembentukan bagian sosial otak. Semakin sering orangtua menyentuh buah hatinya, semakin baik pembentukan otak yang bertanggung jawab atas kemampuannya bersosialisasi seperti dikutip laman Good Housekeeping, Jumat (2/9/2016).

Hal ini diketahui setelah peneliti melakukan penghitungan berapa kali ibu menyentuh anaknya yang berusia lima tahun.  Setelah dua hari, dilakukan pengecekan pada bagian otak.

Rupanya anak-anak yang sering diberi sentuhan ada aktivitas pada otak yang bertanggung jawab terhadap aktivitas sosial. Sehingga memungkinkan lebih mampu berinteraksi dengan manusia lainnya.

Pengaruh sentuhan terhadap aktivitas di bagian otak sosial lebih kuat bila itu menyentuh punggung anak. Sentuhan kasih sayang di area tersebut lebih mampu mencapai bagian otak lewa serabut-serabut saraf di kulit bernama c-tactile afferents. Saraf-saraf ini bertanggung jawab terhadap sentuhan positif. Sebagian besar serabut saraf kulit ini berada di punggung.

 

http://health.liputan6.com/read/2591978/hebatnya-sentuhan-ibu-bikin-anak-senang-berteman?medium=Headline&campaign=Headline_click_1