Tips Melepas Stres untuk Ibu Rumah Tangga

12 July 2016

Pekerjaan ibu rumah tangga sepertinya merupakan pekerjaan yang mudah, namun sebenarnya membuat ibu lumayan stres. Ibu rumah tangga umumnya harus bangun pagi-pagi ketika anak dan suami terbangun, kemudian menyiapkan sarapan dan semua keperluan keluarganya sampai tiba waktu malam.

Ketika anak-anaknya tidur, ini merupakan saatnya untuk membersihkan rumah atau memberikan suami perhatian. Pekerjaan ini biasanya hanya terlihat santai dari luarnya saja.

Dilansir dari laman Verywell, Senin (11/7/2016), berikut adalah tips yang dapat membantu ibu rumah tangga agar terlepas dari rasa stres dalam hidup aktif mereka di rumah sepanjang hari:

1. Rencanakan ke depan dan menjadi terorganisir
Menjadi terorganisir adalah keterampilan penting untuk ibu rumah tangga, sama seperti ibu yang berkarir. Jika Anda mampu mengantisipasi pemicu dari rasa marah dan penyebab stres lainnya, maka krisis stres pun akan lebih berkurang.

Jika Anda merencanakan segala sesuatu ke depan, hal-hal seperti melupakan sesuatu dan rasa stres saat melalui hari sibuk Anda di rumah pun juga akan berkurang.

2. Buat batasan
Sebelum memiliki anak, pekerjaan Anda mempunyai waktu awal dan akhir jam kerja, namun sekarang pekerjaan Anda adalah sepanjang hari dan tidak memiliki batasan waktu. Anda juga diharapkan untuk menjadi pekerja sukarela dan menjaga rumah agar tetap bersih.

Jika ibu rumah tangga tidak membuat batasan, mereka akan dapat dengan mudah melakukan lebih banyak pekerjaan rumah yang harusnya dilakukan oleh dua atau tiga orang sekaligus dan hal tersebut dapat membuat mereka kelelahan dan stres. 

 

Oleh 

http://health.liputan6.com/read/2549701/tips-melepas-stres-untuk-ibu-rumah-tangga